20/12/14

Cara Memperkenalkan Bisnis di Media Social


cara memperkenalkan bisnis di media sosial

AyoBisnisInter.net - Cara memperkenalkan bisnis di Media Sosial. Sudah menjadi hal yang lumrah saat ini media sosial menjadi saran memperkenalkan usaha atau bisnis. Sosial media memiliki konsep yang unik, modern, sehingga hal tersebut membuat pebisnis modern mencoba untuk menyampaikan visi dan misi bisnis mereka melalui media sosial yang saat ini banyak digunakan oleh berbagai kalangan masyarakat dari bermacam-macam tingkat ekonomi. Hal tersebut memang cukup unik dan kreatif, mengingat media sosial telah menjadi media penyebaran informasi yang sangat efektif, cepat dan mempengaruhi persepsi banyak orang.


Media sosial akan menjadi sebuah strategi bisnis yang tepat jika kita memahami esensi penggunaan media sosial bagi masyarakat modern. Melalui persamaan persepsi dengan para pengguna media sosial lainnya, kita dapat mencari tahu mengenai ekspektasi apa yang diharapkan dari produk bisnis kita.

Nah, agar kita menjadi lebih kreatif dan cermat dalam menggunakan media sosial sebagai sarana pemasaran untuk memperkenalkan bisnis kita, berikut cara memperkenalkan bisnis di media sosial yang bisa kita ikuti.

1. Tentukan Market
Pertama kita mesti mengetahui kalangan mana yang menjadi target bisnis kita. Apakah pengguna media sosial yang berasar dari kalangan pelajar dan mahasiswa, atau kalangan eksekutif muda yang sudah memiliki rutinitas? Hal tersebut tentu saja harus dipelajari terlebih dahulu. Seperti produk-produk kuliner contohnya, bisa menjangkau pasar yang lebih luas. Sementara produk-produk teknologi dengan harga yang cukup mahal lebih baik difokuskan pada kalangan eksekutif muda atau mahasiswa yang ekonominya memadai.

Bagaimana menentukan market Anda? Pertanyaan ini hanya Anda yang bisa menjawab karena Anda yang lebih tahu tentang bisnis apa yang Anda jalankan saat ini. Sederhananya untuk siapa produk yang anda jual, spesifiknya siapa, itulah market Anda

2. Sarana Media Sosial Yang Tepat
Ke dua, selain memutuskan target market, kita juga harus fokus memilih media sosial mana yang tepat untuk menjangkau market tersebut. Saat ini media sosial yang memiliki banyak penggunanya diantara banyak media sosial adalah Facebook, Twitter, dan Google+. Kita bisa fokus pada salah satu dari media tersebut. Lainnya bisa menjadi pelengkap sarana promosi Anda.

Baca juga: 3 Sosial Media Yang Tepat Untuk Bisnis

3. Bagikan Konten Yang Berkualitas
Konten yang berkualitas dan kreatif menjadi salah satu kunci kesuksesan kita dalam memperkenalkan bisnis di media sosial. Konten yang seru akan membuat para pengguna internet tertarik untuk selalu mengikuti informasi yang kita berikan. Pilihlah konten yang unsur viralnya (unsur share) tinggi. Pengguna internet akan merasa tertarik untuk membagikan informasi yang menarik.

Kesempatan yang diperoleh dari share tersebut bisa membuat pengguna internet lainnya mulai mengenal informasi dan produk bisnis kita. Usahakan untuk membuat konten yang singkat, padat namun menarik agar pengguna internet tak merasa malas untuk membacanya.

4. Silaturahmi dan Menjalin Hubungan Secara Personal
Kita di dunia maya tak jauh berbeda dengan kita di dunia nyata. Kita butuh hubungan secara personal. Karenanya butuh untuk kita memiliki banyak teman di social media kita. Caranya bisa sederhanya saja seperti memberikan post atau tweet secara internal agar mereka lebih mengenal produk atau bisnis kita. Langkah ini mungkin efektif bila mereka merasa senang dan ingin membagikan informasi kepada kerabat-kerabat lainnya.So, jangan bosan untuk menjalin hubungan baik dengan kenalan-kenalan di media sosial.

5. Cari Pihak Ketiga Yang Tepat
Pihak ketiga di sini adalah influencer atau opinion leader. Memilih key opinion leader (influencer) yang tepat memang perkara yang susah-susah gampang. Orang yang aktif menggunakan media sosial setiap hari, punya gaya penyampaian yang seru dan punya banyak followers adalah kriteria influencer yang tepat. Kita dapat bekerjasama dengan influencer tersebut untuk mempromosikan bisnis secara efektif melalui media sosial.

Contoh nyatanya jika kita memiliki bisnis tentang kuliner, maka jalinlah hubungan baik dengan food-blogger dan beritahukan mengenai varian produk dan keunggulan bisnis kita. Dengan demikian food-blogger tersebut tentu tertarik untuk mempopulerkan produk kuliner kita. Ia dapat meyakinkan banyak orang mengenai keunggulan dan citarasa produk kuliner kita.

Demikianlah cara memperkenalkan bisnis di media social yang mungkin bisa kita terapkan pada bisnis kita. Jadi, jangan asal buat akun media sosial saja untuk mencoba mempopulerkan bisnsi secara modern. Gunakan strategi yang jitu dan minim budget untuk menciptakan sistem pemasaran yang efektif, unik dan digemari banyak orang.

Related Posts

Cara Memperkenalkan Bisnis di Media Social
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.