23/12/14

Jenis Sumber Penghasilan dari Internet

Meningkatnya jumlah pengguna internet dari tahun ke tahun membuka sebuah peluang besar untuk dapat menghasilkan uang dari internet. Taukah Anda bahwa dari internet ada banyak hal yang bisa kita jadikan sebagai sumber pendapatan atau penghasilan. Kita bisa mengelompokannya menjadi beberapa jenis sumber penghasilan dari internet. Hal ini akan mempermudah kita untuk menentukan goal dan langkah kita untuk mencapai kesuksesan.

cara menghasilkan duit dari internet

Pada bisnis internet, tentu saja kita bisa menjual produk kita sendiri. Jika kita punya produk sendiri, sangat disarankan untuk fokus pada produk tersebut. Bagi Anda yang tidak memiliki produk, ada beberapa jenis sumber penghasilan dari internet yang bisa kita jual atau gunakan sebagai sumber pendapatan.
Berikut jenis-jenis sumber penghasilan dari internet yang bisa menghasilkan disamping produk sendiri.

Pay Per Sale (PPS)
Pertama bernama Pay-Per-Sale atau PPS. Pay per sale merupakan sebuah program dimana kita dibayar jika berhasil menjual produk dari orang lain, dalam hal ini vendor atau penyedia layanan. Adapun penyedia layanan PPS ini seperti Amazon.com atau Clickbank.com.

Amazon.com adalah toko online terbesar di dunia, dimana kebanyakan produknya adalah berbentuk fisik. Kategori produk yang di jual di Toko Online ini sangat banyak, mulai dari yang murah hingga yang sangat mahal, mulai dari yang kecil hingga yang besar. Misalnya buku, kamera digital, kulkas, TV, AC, kursi, meja, peralatan mandi, peralatan dapur, bahkan pakaian dalam ada dijual di sana.

ClickBank.com adalah tempat yang menyediakan produk-produk dalam bentuk digital, misalnya ebook, software, dan juga membership. Program affiliasi ini juga sangat banyak disukai oleh internet marketer di seluruh dunia karena rate komisinya sangat besar, bahkan ada beberapa pemilik produk bersedia memberikan komisi hingga 75% dari harga produk kepada para publishernya.

Orang yang bermain dengan program Pay Per Sale ini biasanya disebut sebagai affiliate marketer. Affiliate marketer merupakan orang yang menjual produk orang lain dan mendapatkan komisi sekian persen (tergantung pemilik produk) dari setiap penjualan yang dilakukannya. Jenis bisnis ini banyak sekali dilakukan oleh pelaku bisnis online, baik di luar negeri maupun di dalam negeri

Pay Per Click (PPC)
Program ini bisa juga disebut dengan program iklan. Seperti yang banyak kita temukan jika berkunjung ke sebuah website, kita bisa melihat ada beberapa gambar pada kiri-kanan atau pada header web. Itu merupakan iklan yang dipasang melalui program pengiklan seperti Google Adsense. Space iklan di blog atau website merupakan salah satu cara efektif untuk mendapatkan uang dari internet.

Melalui program PPC, publisher akan dibayar setiap klik yang dilakukan oleh visitor (pengunjung) website atau blog tersebut, dimana biaya per kliknya sudah ditentukan terlebih dahulu oleh Advertiser (pengiklan). Selain Google Adsense, ada banyak perusahaan lain yang menawarkan kesempatan kepada para publisher untuk mendapatkan penghasilan dari situs mereka. Beberapa perusahan online Advertising dari luar negeri yang menawarkan program yang sama adalah Bidvertiser.com, Chitika.com, Infolinks.com. Sedangkan dari dalam negeri antara lain KumpulBlogger.com, Sitti.co.id, AdsenseCamp.com, IDblognetwork.com, dan lain-lain.

Pay Per Lead (PPL)
Program ini merupakan sebuah program dimana kita akan dibayar jika berhasil merekomendasikan orang atau membawa orang untuk memenuhi task tertentu yang disediakan oleh provider. Contoh program ini adalah MaxBounty.com dan Copeat.com. Kita akan dapat komisi bayaran sesuai dengan harga yang sudah dipasang oleh provider.

Bentuk task yang ditawarkan berbagai macam. Ada berupa pengisian kuisioner atau survey, ada juga yang berupa pembuatan review sebuah produk atau sebuah tempat. Jika kita berhasil membawa orang untuk daftar di website mereka dan menyelesaikan satu task, maka kita akan mendapatkan bayaran.

Pay To Click (PTC)
Program yang satu ini hampir sama dengan program Pay Per Click dalam artian masih berbau iklan. Bedanya dengan PPC adalah kita dibayar atau akan mendapatkan fee dengan mengklik iklan yang sudah disediakan. Namun bayaran yang kita terika untuk satu klik iklan biasanya sangat kecil. Anda baru bisa mendapatkan uang tersebut jika sudah memenuhi minimum payment dari pemilik website.

Di internet saaat ini jika Anda ketika kata PTC akan muncul banyak sekali website yang bergerak dibidang ini. Untuk program yang satu ini sangat tidak disarankan karena hal tersebut hanya akan membuang waktu saja kecuali Anda mau berinvestasi untuk membeli referal atau bawahan. Belum lagi ada banyak website yang scam atau abal-abal yang menawarkan harga tinggi untuk tiap klik tapi uang Anda tidak pernah ditransfer ke rekening.

Beberapa contoh website yang menyediakan layanan ini adalah ClixSense.com dan Neobux.com. Dua website ini merupakan website penyedia layanan PTC yang terpercaya saat ini dan sudah bergerak sejak tahun 2010.



Online Auction (Pelelangan)
Program yang satu ini sama seperti Anda berbisnis property. Anda bertindak sebagai seorang makelar yang menjual property. Bedanya di sini property yang Anda jual adalah website. Komisi yang bisa kita dapatkan beragam dan cenderung besar. Namun memang kadang membutuhkan waktu lama untuk bisa closing. Contoh website yang menyediakan layanan ini adalah Flippa.com dan eBay.

Demikianlah jenis sumber penghasilan dari internet yang bisa menjadi sumber pendapatan online Anda. Setiap jenis sumber penghasilan tersebut tentu saja ada banyak sekali bentuknya. Tapi bukan berarti kita harus melakukan semuanya untuk bisa mendapatkan hasil yang diinginkan. Sebaiknya pilih satu atau dua jenis bisnis online yang memang cocok dan mampu Anda kerjakan, lakukan dengan serius, dan Anda akan melihat hasilnya.

Related Posts

Jenis Sumber Penghasilan dari Internet
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.