04/01/18

Manfaat Search Engine Marketing (SEM) Bagi Bisnis

Manfaat SEM bagi bisnis

AyoBisnisInter.net - Manfaat search engine marketing bagi bisnis sangatlah besar. Terlebih lagi untuk memasarkan produk atau website di internet. Apa itu Search Engine Marketing (SEM) ? Mari kita kenali lebih detil apa itu SEM.

Tentang SEM


Perkembangan teknologi yang semakin maju membuat pola bisnis saat ini ikut berkembang dan berubah. Meningkatnya pengguna internet membuat pemain bisnis harus beralih atau terjun dalam bisnis internet atau bisnis online.

Jika di dunia nyata pemilik bisnis melakukan promosi produk dengan cara membuat selebaran, banner, atau pasang iklan di koran, maka di dunia digital apa yang bisa kita lakukan? SEM di sini berperan sebagai alat promosi bisnis di dunia maya / internet.

Cara Kerja SEM


SEM melibatkan mesin pencari sebagai media untuk promosinya. Kenapa menggunakan mesin pencari? Karena saat ini sudah menjadi pasar besar dimana semua orang dapat mencari kebutuhannya melalui mesin pencari atau search engine.

Pasti anda pernah mendengar perkataan seperti, "coba googling aja" atau "cari aja di google". Google merupakan salah satu search engine yang paling populer saat ini. Selain Google juga ada Bing atau Yandex. Namun di dunia Google lebih familiar karena tersedia di smartphone tiap orang saat ini.

Cukup pembahasan tentang search engine, kita kembali lagi ke persoalan cara kerja SEM tadi.

Simpelnya sepeti ini anda pasang iklan di koran. Kenapa anda pasang di sana? Karena ada banyak orang yang baca koran tiap pagi. Sederhananya Anda juga bisa mengiklankan bisnis / produk Anda menggunakan alat SEM untuk muncul di mesin pencarian. Kembali lagi, kenapa di mesin pencarian? Karena ada jutaan bahkan milyaran orang yang menggunakannya saat ini.

Konsep yang digunakan SEM adalah bagaimana bisnis / produk yang Anda promosikan muncul di halaman pertama dan paling atas di search engine.

contoh sem dan seo

Lebih kurang SEM sama dengan SEO karena menggunakan keyword / kata kunci sebagai titik tolaknya. Namun SEO biasanya membutuhkan waktu yang cukup lama untuk bisa muncul di laman pertama search engine.

Selengkapnya tentang : Apa itu SEO dan manfaatnya untuk bisnis?

SEM dapat membuat link ke website bisnis / produk Anda muncul di laman pertama. Tentunya penggunaan SEM membutuhkan biaya. Apakah Anda memasang iklan di koran tidak butuh biaya?

Cara Penggunaan SEM


Bagaimana cara penggunaannya? SEM menggunakan iklan berupa link / url atau alamat website produk / bisnis yang Anda promosikan. Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan ketika ingin menggunakan SEM untuk bisnis.

1. Keyword / Kata Kunci
Pemilihan keyword atau kata kunci yang tepat menjadi penting sekali jika promosi bisnis / produk Anda maksimal di search engine. Maksimal di sini maksudnya iklan Anda muncul di laman pertama dan diklik orang sehingga terjadi transaksi.

Pilihlah atau siapkan daftar kata kunci / keyword yang tepat yang menggambarkan bisnis / produk Anda. Bagaimana caranya? Mudahnya seperti ini, coba cari hal apa atau masalah apa yang dapat menjadikan produk / bisnis Anda sebagai solusinya.

Contoh, produk yang ingin dipromosikan berupa minuman herbal untuk melangsingkan tubuh. Anda dapat membuat daftar keyword dengan berdasar pada kata kunci "pelangsing" atau "turun berat badan". Hebatnya di SEM sudah ada alat yang dapat digunakan untuk membuat daftar kata kunci tersebut. Jadi Anda tidak usah pusing memikirkan daftarnya.

2. Konten Iklan
Agar menghasilkan konversi dari iklan yang Anda pasang, dibutuhkan pemilihan konten berupa gambar / kata-kata yang tepat dan menarik. Pemasangan gambar atau kata-kata yang persuasif dapat menarik pengguna mengklik iklan Anda di mesin pencari dan berkunjung ke website Anda.

Umumnya orang menggunakan 2 jenis konten yaitu gambar dan text. SEM lebih mengandalkan text dari pada gambar, dan itu pun terbatas (140 karakter) beberapa karakter saja untuk menjelaskan tentang produk / bisnis Anda.

3. Biaya per Klik
Biaya per klik merupakan biaya yang dibebankan pada iklan Anda untuk tiap pengguna yang mengeklik iklan tersebut.

Tiap klik biasanya memiliki biaya yang berbeda-beda tergantung pada daftar kata kunci yang Anda bidik. Untuk itu, ada baiknya perhitungkan dengan tepat dan efektif biaya atau budget yang harus Anda siapkan.

Bagaimana caranya?
SEM sendiri biasanya memiliki alat yang dapat membantu Anda menentukan biaya per klik dan budget untuk iklan. Menarik bukan?

Manfaat SEM untuk Bisnis


Sebenarnya apa kelebihan dan menfaat SEM tersebut untuk bisnis? Mungkin juga ada yang bertanya kenapa harus menggunakan SEM? Berikut penjelasannya.

1. Lebih Tertarget
Sasaran pemasaran menggunakan SEM lebih spesifik dan relevan terhadap produk / bisnis Anda. Anda dapat lebih fokus pada segmen yang sesuai dan relevan terhadap produk / bisnis Anda. Hal ini akan membuat semua yang mampir ke website Anda merupakan calon pelanggan yang potensial.

2. Cakupan Lebih Luas
SEM dapat menghilangkan jarak Anda dengan pelanggan Anda yang ada di pulau seberang. Artinya tidak ada lagi batasan lokasi / tempat selama pelanggan Anda menggunakan mesin pencari atau layanan yang termasuk di dalam jaringannya.

Dengan SEM Anda dapat menargetkan calon pelanggan untuk di kota / daerah tertentu atau negara tertentu. Bisa juga hanya di area tertentu saja. Menarik bukan?

3. Meningkatkan Pengenalan Brand / Merk
SEM menargetkan pemasaran pada pengunjung yang relevan dengan website atau produk yang dipromosikan. Hal itu akan membuat tingkat konversi search marketing akan meningkat pula. Selain itu orang akan mengenal brand / merk dari bisnis dan produk Anda.

4. Kontrol Penuh
Anda dapat dengan leluasa mengontrol kapan akan menjalankan iklan dan membatasi anggaran iklan Anda. Setiap iklan yang Anda jalankan akan memberikan laporan kinerjanya sehingga Anda pun dapat mengamati kapan, dan dimana iklan Anda berjalan efektif atau dengan anggaran berapa lagi Anda dapat mencapai target penjualan / pemasaran.

5. Jaringan yang Luas
Salah satu SEM yang populer adalah milik mesin pencari Google, yaitu Adwords. Google memiliki jaringan penayangan yang luas. Istilah keren nya Google Display Network (GDN).

Gambaran sederhananya seperti ini: Anda suka baca berita di sebuah situs online. Kebetulan situs tersebut terdaftar sebagai mitra GDN milik Google. Anda dapat membuat iklan Anda muncul di situs tersebut. Jadi, tidak hanya muncul di mesin pencarian saja, ketika ada orang mampir ke situs Anda, lalu pindah ke sebuah portal yang menjadi mitra GDN Google, maka iklan Anda dapat muncul juga di sana.

Di era digital saat ini persaingan bisnis di internet dapat dikatakan sengit. Ada banyak produk / bisnis di bidang yang sama bersaing tiap hari. Tidak ada salahnya Anda menggunakan SEM sebagai alat promosi agar tidak ketinggalan dengan kompetitor Anda.

Related Posts

Manfaat Search Engine Marketing (SEM) Bagi Bisnis
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.