04/07/18

Perhatikan Hal Berikut Jelang Pendaftaran CPNS TA 2018

penerimaan cpns 2018

Ayo! Buat kamu yang ingin jadi PNS, tahun ini akan dibuka penerimaan CPNS TA 2018. Sejauh ini belum ada informasi resmi kapan dibuka pendaftaran CPNS TA 2018 dari pemerintah.

Sejumlah media mengabarkan bahwa penerimaan CPNS TA 2018 akan dibuka setelah Pilkada (Juni 2018), kemungkinan akan dilaksanakan di bulan Juli - Agustus.

Sambil menunggu informasi resmi dari pemerintah, ada hal menarik yang dapat kita pelajari jika melihat pada penerimaan CPNS tahun lalu. Berdasarkan informasi dari siaran pers BKN Nomor 009/RILIS/BKN/VI/2018 tanggal 25 Juni 2018 lalu, ada 3 kesalahan terbesar peserta CPNS TA 2017.

  1. Kelengkapan berkas
  2. Salah memasukkan data
  3. Kurang cermat dan teliti saat pendaftaran

Perhatikan Hal Berikut Jelang Pendaftaran CPNS


Agar kamu lulus seleksi dokumen di CPNS TA 2018 nanti, ada baiknya perhatikan beberapa hal berikut ya.

1. Siapkan Kelengkapan Berkas

Syarat utama mengikuti seleksi CPNS adalah lengkapnya data peserta ujian. Jadi, pastikan berkas-berkas seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK) lengkap dan terdaftar secara resmi di Kantor Kependudukan dan Pencatatan Sipil.

Selain KTP dan KK, ada sejumlah berkas lainnya yang harus disipakan, yaitu: scan ijazah, foto, dan transkrip nilai. Biasanya ukuran file yang diperlukan tidak lebih dari 500kb. Siapkan jauh-jauh hari ya.

2. Pahami Alur dan Mekanisme Pendaftaran

Sebelum melakukan pendaftaran, ada baiknya kamu mempelajari mekanisme dan alur pendaftaran CPNS terlebih dahulu. Hal ini akan memudahkan kamu dalam pengisian data dan membuat kamu lebih mengerti proses seleksinya.

Perhatikan dengan cermat dokumen dan persyaratan yang diberikan agar tidak terjadi kesalahan saat mengunggah berkas.

3. Teliti Saat Memasukkan Data

Biasanya pendaftaran CPNS dilakukan secara online lewat portal resmi https://sscn.bkn.go.id. Sebelum mendaftar cobalah pelajari dengan seksama tata cara pengisian data dan berkas sehingga tidak terjadi kesalahan saat pengisian.

Kemudian, saat pengisian data lakukanlah dengan tenang, tidak usah tergesa-gesa atau buru-buru karena akan mengganggu konsentrasi kamu dan bisa menyebabkan kesalahan dalam pengisian data.

Terakhir, sebelum mengirim data yang sudah diisi, cobalah untuk memastikan kembali kebenaran data yang sudah diinput. Karena jika sudah dikirim, kesalahan data tidak dapat diperbaiki.

4. Cermat dalam Mencari Informasi

Hal ini penting dilakukan mengingat penerimaan CPNS sangat banyak peminatnya. Bisa saja ada pihak tertentu yang ingin mengambil keuntungan dari hal tersebut.

BKN juga secara aktif memberikan layanan informasi melalui akun resmi BKN baik lewat media sosial dan website. Informasi resmi perihal pengumuman, pendaftaran, sampai proses seleksi hanya disampaikan melalui akun resmi institusi Pemerintah.

Waspada terhadap informasi yang tidak pasti atau tidak resmi yang bisa saja berisiko merugikan kamu ya.

5. Siapkan Koneksi Internet yang Stabil

Ini penting sekali nih, mengingat proses pendaftaran CPNS dilakukan secara online dan butuh akses internet yang cepat agar proses pendaftaran berjalan lancar.

Selain itu, ada ratusan ribu orang yang akan mengakses portal pendaftarannya, bisa jadi proses unggah berkas sedikit memakan waktu. Jadi pastikan kamu memiliki koneksi internet yang stabil ya agar proses tidak putus ditengah jalan.

Nah, itu dia sejumlah hal yang harus jadi perhatian buat kamu yang ingin mengikuti seleksi penerimaan pegawai negeri sipil (CPNS). Semoga bermanfaat.


Referensi
Siaran Pers BKN 009/RILIS/BKN/VI/2018

Related Posts

Perhatikan Hal Berikut Jelang Pendaftaran CPNS TA 2018
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.