22/10/18

Cara Menggunakan Keyword yang Optimal di Konten - Teknik Dasar SEO

cara menggunakan keyword di konten

Penggunaan keyword di konten bisa dibilang wajib-tak-wajib. Saya pribadi masih menerapkan penggunaan keyword pada konten artikel. Menurut Yoast, penggunaan keyword secara optimal pada konten artikel dapat berpengaruh pada jumlah organic visits.

Biasanya keyword ditempatkan di dalam judul dan deskripsi, serta pada paragraf pertama artikel. Anda bisa juga mengulang keyword beberapa kali dalam artikel untuk menandakan kata kunci suatu artikel. Namun perlu diingat juga untuk tidak melakukannya secara berlebihan.

Lakukanlah pengulangan keyword pada artikel dengan kalimat yang logis dan sejalan dengan topik bahasan. Jangan sembarangan menambahkan keyword jika memang itu tidak diperlukan.

Lalu, bagaimana dengan keyword density?

Keyword density atau kepadatan kata kunci pada suatu halaman memang dulunya berpengaruh terhadap SEO. Tapi kini kepadatan keyword sudah tidak lagi mempunyai peran pada Search Engine Optimization. Yang terpenting, tambahkan keyword secara natural.

Pengulangan keyword lebih baik dengan menggunakan variasi kata, yaitu kata kunci yang lebih spesifik, daripada hanya mengulang kata kunci yang sama persis. Dengan memiliki banyak variasi kata kunci maka peluang artikel muncul di mesin pencari akan semakin besar.

Salah satu teknik dasar SEO yang cukup penting yaitu mengenai penempatan keyword dalam artikel dan cara pengoptimalannya. Ada beberapa tempat yang perlu diberi perhatian untuk meletakkan kata kunci di dalamnya. Di antaranya adalah sebagai berikut.

Heading (H1, H2, dan H3)

Tag heading ini digunakan untuk membuat suatu halaman menjadi terstruktur dengan menggunakan judul utama dan sub-sub judul. Buatlah Tag heading secara berurutan dan tidak sembarangan. Artinya tidak ada tag heading yang melompat ke heading yang tidak semestinya. Selain itu tambahkan kata kunci pada tag ini. Google akan lebih suka dengan halaman website yang memiliki struktur yang jelas.

URL Artikel

URL sebaiknya dibuat tidak terlalu panjang. URL yang lebih singkat, sesuai dengan bahasan akan lebih bagus. Gunakan juga keyword dalam membuat URL.

Link

Tambahkan kata kunci pada anchor text dari link. Hindari membuat teks link dengan kata-kata yang tidak ada hubungannya dengan halaman yang dituju, misalnya "klik di sini".

Link yang ditambahkan bisa berupa link internal maupun link eksternal. Kedua jenis link tersebut jika digunakan secara benar juga dapat membantu ranking website di mesin pencari.

Alt Tag

Alt tag akan terlihat oleh pembaca sebagai teks pada gambar jika web browser tidak mampu menampilkan gambar yang dimaksud. Pembuatan teks pada alt tag yang dapat mendeskripsikan gambar tersebut.

Tag ini juga akan membantu search engine menemukan gambar di suatu website dengan kata kunci tertentu pada pencarian gambar. Sebaiknya gunakan keyword secara efektif di dalam alt text tanpa melakukannya dengan berlebih.

Itulah sedikit cara menggunakan keyword / kata kunci di konten agar optimal bagi mesin pencari.

Ikuti bahasan lainnya tentang Teknik Dasar SEO.

Related Posts

Cara Menggunakan Keyword yang Optimal di Konten - Teknik Dasar SEO
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.